Tuesday 22 January 2008

Evaluasi Semester 1

台北市, 2008 年 1 月23 日

01 AM 點 09 分

Alhamdulillah

Semester 1 sudah berakhir beberapa jam yang lalu. Fiuh....the most hardest semester I think, and I never guess that it is harder in the first semester. Baru pertama kali mengerti cara berangkat keluar negeri, shock dengan kurikulum riset Taiwan yang berbeda jauh dari Indonesia, beasiswa yang selalu terlambat turun, de el el.

Hmmm...cukup banyak ujian juga dalam semester ini. Yang perlu aku evaluasi khusus mungkin adalah mengenai kuluah. Gimana ya melihatnya :

1. Sepertinya aku mengambil mata kuliah yang cukup banyak. Ya, 4 mata kuliah sangatlah berat. Supervisorku juga mengakui, dan rata2 memang mahasiswa master disini hanya mengambil 2 sampai 3 mata kuliah per semester. Gak apa-apa lah, belajar gila....ha...ha.... Aku memang dari awal niat ambil 4 kuliah untuk mencoba seperti apa beban kuliah di NTU. Berat sih rupanya, tapi setidaknya semua berakhir dengan baik. Tinggal lihat hasilnya saja. Semoga bagis semua Insya Allah Amiiiiinnnn. Yang jelas apapun yang terjadi, semester depan pasti akan kukurangi kuantitas kuliah di Institutku. 3 kuliah adalah angka maksimal per semester.

2. Di akhir banyak sekali aku begadang plus kerja secara "Roro Jonggrang". Memang sih kuliah berat di akhir. Rupanya beda dengan UTS, UAS disini dilakukan dalam satu minggu penuh. Bisa dibayangkan kan bagaimana jika punya 4 kuliah sekaligus. Maboookkkkk. Solusi : pengaturan waktu yang lebih baik.

3. I feel that I am still wasting time too much. Hmmm...perasaan aja atau memang beneran ya ? Kita coba tes deh semester ini. Beban kuliah udah berkurang. Jadi ada waktu kosong. Jika aku tidak bisa memenuhi target satu tulisan per minggu atau menulis buku di tahun ini tanda nya benar, I am still wasting time. I will be angry for that.

4. Aku mengambil mata kuliah yang tidak ada kaitannya dengan risetku. Satu sih, namanya Wireless Ad Hoc Networks. And it's very very very hard (T_T). Bahkan kawanku dari Chili, Rodrigo, juga bilang kuliah yang satu ini luar biasa. Dan aku pun merasa demikian. Hampir separuh dari isi kuliah ini tidak aku mengerti dan bingung juga mengaplikasikannya. Beda dengan kuliah yang lain. Awalnya kuliah ini aku ambil dengan alasan untuk menggenapkan target 4 kuliah di semester 1 mengingat 3 kuliah yang berkaitan dengan riset dah kuambil. Selain itu aku masih ingat basic untuk Wireless dn Telekomunikasi. Tapi aku tak menduga bahwa kuliah yang paling berat rupanya kuliah yang tidak ada kaitannya ini. Fiuhh.........gak lagi deh main coba-coba lagi. Tapi ambil positifnya, aku jadi sadar bahwa aku tidak berbakat untuk kuliah Computer Science dan Telekomunikasi yang mengkombinasikan programming tingkat tinggi dan hafalan yang berbelit -belit. Yup, gak bakal deh gw sentuh bidang ini lagi. Fokus di photonics. Aku juga sebenarnya gak anti programming, tapi paling gak coba yang mudah dan berkaitan kayak MATLAB he...he...

Hmm......dengan evaluasi seperti ini, apa yang sebaiknya kulakukan yah nanti ? Satu hal yang pasti tunggu nilai dulu seraya berdoa kuat-kuat. He...he.....Ambil positifnya. Yah, saatnya menyanyikan lagu "Semusim" kembali dan mengenang seluruh kenangan indah. Nih beberapa foto kenang-kenangan yang indah dari semester 1. OK, sekian evaluasinya. Pasti bahasanya agak aneh kalau kalian baca he...he.... Emang sengaja.


Kuliah Display Technologies yang terakhir, bersama Professor favorit gw he...he...

我和我的朋友在新年的 Party


- 馬富月 -

No comments: