Thursday 24 April 2008

Tentang Demoratic Pacific Union (DPU)

Taipei, 24 April 2008

Kali ini saya ingin memberikan informasi tentang salah satu organisasi internasional yang ada di Taiwan (Republic of China), yaitu Democratic Pacific Union (DPU).

Logo Democratic Pacific Union (DPU)

Democratic Pacific Union (DPU) ini adalah sebuah organisasi non-pemerintah (Non-governmental organization) yang bergerak untuk menggalang demokrasi, perdamian, dan kemakmuran di kawasan Asia Pasifik. DPU awalnya dibentuk pertama kali pada tanggal 14 Agustus 2005 di Taiwan dan sekarang beranggotakan 28 negara-negara demokrasi di kawasan Asia Pasifik yakni :

Dari kawasan Asia

- Taiwan (Republic of China)
- Jepang
- Korea Selatan
- Republik Federasi Rusia
- India
- Indonesia

- Malaysia
- Thailand
- Filipina
- Timor Leste


Dari kawasan Amerika

- Kanada
- Amerika Serikat

- Meksiko
- Guatemala
- Honduras

- Nicaragua
- Panama
- El Salvador
- Costa Rica
- Republic Dominika
- Peru
- Paraguay

- Chili

- Kolombia
- Ekuador


Dari kawasan Pasifik Selatan

- Kepulauan Marshall
- Palau

- Kiribati
- Tuvalu
- Selandia Baru

- Kepuluauan Solomon
- Australia
- Nauru

Sesuai dengan dasar pendiriannya, DPU bertujuan untuk menjadi salah satu organisasi yang selalu mengkampanyekan demokrasi, perlindungan HAM, penegakan hukum, menjaga perdamaian antar negara-negara anggotanya, sekaligus juga memacu kerjasama di bidang industri, perdagangan, dan maritim di antara para anggotanya. Saat ini pimpinan dari Democratic Pacific Union dijabat oleh H. E. Lu Hsiu-lien yang juga merupakan wakil presiden Taiwan saat ini.

Sudah begitu banyak agenda yang dilakukan oleh DPU dalam bidang sosial dan politik terlepas dari usianya yang tergolong masih muda. Selain membuat beberapa asosiasi perdagangan, pendidikan, dan asosiasi kongres se-Asia Pasifik, DPU juga turut aktif mengkampanyekan perdamaian di negara-negara Asia Pasifik yang dilanda konflik.

DPU sebagai contoh saat ini merupakan inisator dari gerakan perdamaian untuk Myanmar yang masih dilanda konflik internal. DPU juga turut ambil bagian dalam pengawasan pemilihan umum pada beberapa negara yang menjadi anggotanya.

Salah satu hal yang menarik dari DPU adalah kegiatannya bagi para pemuda dan mahasiswa. Sebagai lembaga yang mengkampanyekan demokrasi dan perdamaian, DPU telah banyak mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan para pemuda dan mahasiswa tidak hanya dari Taiwan, tetapi juga dari berbagai negara lainnya. Misalnya saja Asian Democracy Workshop, kegiatan workshop demokrasi yang diikuti oleh mahasiswa berbagai perguruan tinggi dan berbagai negara yang ada di Taiwan. Kebetulan saya sudah 2 kali mengikuti kegiatan ini yang cukup menyenangkan karena di sinilah kesempatan saya melatih bahasa Mandarin saya sekaligus berkenalan dengan banyak teman dari berbagai negara lain terutama di Asia Pasifik.


Di Asian Democracy Workshop 2008 Taichung,
menerima sertifikat dari penanggung Asian Democracy Workshop Mr. Lin Ki-Tsen

Satu hal yang menarik lagi adalah DPU merupakan salah satu institusi pemberi beasiswa bagi mahasiswa internasional di Taiwan, selain Departemen Pendidikan Taiwan (Ministry of Education, Republic of China). Jadi buat kalian-kalian yang mau melanjutkan pendidikan di Taiwan, jangan lupa untuk mengakses website DPU di http://www.dpu.org.tw. Beasiswa DPU biasanya diberikan tiap tahun dengan deadline di bulan Maret.

Beasiswa dari DPU biasanya sih terbatas hanya untuk bidang ilmu Teknik, Bisnis & Manajemen, serta Sastra & Budaya Cina. Jadi tidak untuk mereka yang ingin mengambil bidang ilmu yang lain di Taiwan. Cuman beasiswanya lumayan besar, terjamin, dan juga umumnya sudah dipiliah sehingga kampus yang dituju adalah kampus terbaik dan kuliah yang diajarkan menggunakan bahasa Inggris. Jadi tidak ada salahnya sebagai salah satu alternatif tujuan beasiswa.

OK, semoga informasi tentang DPU ini berguna dan juga semoga tujuan cita-cita perdamaian dan kemakmuran di Asia Pasifik bisa tercapai.

- Rizki -

1 comment:

Anonymous said...

Sorong,
mau nanya, bagaimana Indonesia dan negara-negara lain mendaftarkan atau mendapatkan keanggotaan di DPU?
Kalau melihat penjelasan di postingan ini, sepertinya DPU adalah [salah satu] jalan yang ditempuh Taiwan untuk pengakuan kedaulatan secara implisit dan mengatasi kebijakan satu Cina yang terlalu Beijing?
Baru dugaan saja sih...