Friday 8 February 2008

Pingtung Journey Day 1 - 2 (Part 1)

Taipei, 8 Februari 2008


Maaf kalau lama tidak online. Soalnya tanggal 3 - 7 Februari kemarin saya sedang berada di Pingtung untuk liburan (homestay) musim dingin. Acara homestay ini sebenarnya diatur oleh Office of International Affair (OIA) National Taiwan University untuk mahasiswa internasional dengan tujuan lebih memperkenalkan mengenai Taiwan dan budayanya.

Pingtung (屏東) sendiri adalah kota yang cukup menyenangkan. Cuacanya cukup hangat, tidak dingin seperti di Taipei. Soalnya Pingtung adalah propinsi atu daerah yang terletak di bagian paling selatan dari Taiwan, sehingga setiap harinya cukup banyak diguyur sinar matahari. Lihat aja petanya di bawah.

Hmmm......liburan yang menyenangkan sih. Apalagi melihat secara langsung perayaan Tahun Baru Cina disini. Tapi itu bukan cerita selengkapnya, so let's go to the whole story and explore the beauty of Pingtung.


Day 1 - 2 : 3 - 4 Februari 2008

Oleh OIA, aku ditempatkan untuk bersama dengan kawan bernama Ting Feng-Chun yang kuliah di Departemen Perikanan National Taiwan University. Ting Feng-Chun sendiri tinggal di Pingtung. Aku pergi ke Pingtung bersama kawanku Rocky. Berangkat pada pukul 16.00 pm dari Taipei Main Station.

Perjalanannya cukup jauh dan melelahkan. Maklum, ini perjalanan dari Taipei di sebelah utara ke Pingtung yang letaknya di ujung paling selatan. 5 jam perjalanan dengan hanya transit sekali di Taichung untuk menjemput penumpang.

Kami tiba sekitar jam 9 malam di rumah keluarga Ding. Sudah terlalu larut dan aku pun sudah cukup capek saat itu, jadinya tidak terlalu banyak aktivitas memang di hari 1. So tidur nyenyak deh…..he….he…..

Hari kedua, baru deh hari jalan-jalan yang menyenangkan. Kami berkunjung ke daerah bernama Kenting (墾丁) di sebelah selatan Pingtung. Kenting sendiri adalah daerah pantai yang menjadi kebanggaan Taiwan. Bisa disamakan dengan pesisir Kuta Bali. Jalan-jalan pertama berkunjung ke National Pingtung Aquarium yang terletak persis di pesisir pantai Kenting. Ya iyalah, namanya juga Aquarium. Pengalaman menarik karena aku sebelumnya belum pernah berkunjung ke Aquarium manapun , bahkan Seaworld di Jakarta juga belum pernah aku kunjungi (kuperrr......). So enak deh jalan-jalan disini. Apalagi klau kita membawa serta kartu mahasiswa, kita bisa mendapat diskon khusus untuk masuk ke dalam area Aquarium.

Aquarium ini secara umum dibagi menjadi 3, bagian mengenai ikan di perairan Taiwan, bagian mengenai ikan di perairan seluruh dunia, dan satu bangunan khusus mengenai penjelasan laut purba dan ikan-ikan purba.

Feel like go in Atlantis buddy. Apalagi kaca aquariumnya cukup tebal dan cukup tinggi sehingga kita seolah-olah berada di dasar lautan hmmm.......kalau saya sih biasa aja. Maklum dulu juga tinggal lama di pinggir laut. Justru ke daerah pantai seperti ini jadi momen untuk nostalgia. Anyway menarik sekali sih terutama melihat bagaimana Taiwan menjaga kekayaan lautnya disini. Luar biasa lho, negeri yang masih bergelut dengan pengakuan internasional ini rupanya punya kekayaan perairan yang luar biasa dan terjaga serta terdata dengan baik. Luar biasa. Nice to see that swamp fish, whale shark, undersea eel, dan ikan duyung gede yang doyan menari-nari diatas pengunjung di dalam Aquarium. Tapi bagian terbaik adalah......... Penguin show !!!! Yup penguinnya lucu-lucu, tambah lagi ada foto yang diambil Rocky yang menunjukkan penguin yang lagi sakit. I don't know exactly, kayaknya sih dia kedinginan. Tapi masak penguin kedinginan ??? Ngapain tinggal di kutub kalo gitu ??? Tapi benar-benar lucu deh he...he....this is some of the picture.


(With Fellow Taiwanese in the Whale Pool)

(Still with fellow Taiwanese, now in the Giant Squid Statue)

(Di depan aquarium raksasa yang ada Giant Kelp-nya)


(Nampang dulu sebelum dilarang, kapan lagi lihat pantai di Taiwan)

(Nih penguin kedinginan apa sakit????)

No comments: