Sunday 21 December 2008

Keliling dunia dalam sehari ala Window on China (小人國)

Taipei, 22 Desember 2008


Menjelang akhir tahun 2008, berarti menjelang tahun baru 2009 dan semester terakhirku di NTU. Jadi untuk melengkapi perjalanan keliling Taiwan, aku dan istri kemarin berkunjung kembali ke salah satu obyek wisata terbaik di Taiwan. Namanya cukup unik, Window on China atau dalam bahasa mandarinnya adalah 小人國. Sebenarnya 小人國 secara harfiah berarti "negeri orang kecil". Agak bingung juga sih saya dengan bahasa mandarin tempat ini yang artinya berbeda jauh dengan nama bahasa Inggrisnya. Tetapi kalau kita berada di tempat ini barulah kita akan mengerti keunikan tempat ini.

Window in China terletak di Taoyuan, tepatnya di Longtan Township tidah jauh dari Chungli yang merupakan salah satu daerah terbesar di dalam distrik Taoyuan. Untuk mencapai tempat ini dari Taipei, kita bisa menggunakan kereta ekonomi yang harga tiketnya sangat murah. Cuman sekitar 57 NT dari stasiun Taipei ke stasiun Chungli. Dari stasiun Chungli kita masih harus menyambung lagi ke Window on China. Disini kita bisa menggunakan bis yang murah tapi memakan waktu cukup lama (sekitar 1 jam) atau menggunakan taksi yang hanya sekitar 25 menit tapi harganya lebih tinggi. Barulah kita akan sampai tepat di gerbang Window on China.

Harga tiketnya menengah sih, 399 NT. Tapi lumayanlah dengan kesenangan yang bisa diperoleh disini. Window on China sebenarnya adalah taman hiburan yang memamerkan miniatur tempat - tempat terkenal yang ada di berbagai dunia. Sehingga berada di tempat ini membuat kita seolah-olah menjadi raksasa di tengah miniatur-miniatur yang cukup kecil. Percaya atau tidak, Window on China merupakan taman miniatur yang lokasinya terbesar kedua di dunia, setelah Madurodam di Belanda. Lumayan deh jalan-jalan disini ....

Miniatur-miniatur tempat-tempat ini dibagi ke dalam 4 bagian. Pertama adalah bagian Cina dan Taiwan, kedua adalah bagian Asia, ketiga adalah bagian Eropa, dan terakhir adalah bagian Amerika.

Di bagian Cina dan Taiwan kita bisa melihat beberapa miniatur bangunan-bangunan menarik di kedua negara ini. Untuk Taiwan ada miniatur dari Chiang Kai Shek Memorial Hall, Istana Presiden di Zhongzheng, Benteng Santo Domingo, SYS Memorial Hall, juga miniatur mesjid besar Taipei pun ada. Bahkan ada juga miniatur kereta cepat HSR yang berjalan cepat diatas rel mengelilingi tempat-tempat tersebut. Kebetulan sih semua miniatur tempat terkenal Taiwan yang ada disini sudah aku kunjungi semua yang aslinya. Tapi lumayan menarik juga berada disini.

Chiang Kai-shek Memorial Hall, miniatur dan yang asli

Masjid Besar Taipei, miniatur dan yang asli

Yang menarik ada di bagian Cina dimana beberapa miniatur tempat terkenal di Cina dibuat sedemikian rupa sehingga cukup menarik. Alun-alun kota terlarang (Forbidden City) lengkap dengan lapangan Tiananmennya ada disini. Minaitur tembok Cina dan Longmen Grotto yang menjadi World Heritage Site bahkan seolah-olah sesuai dengan aslinya disini.

Forbidden city yang indah di Beijing, miniatur dan aslinya

Untuk mencapai bagian berikutnya dari Window on China, kita harus menggunakan kereta kecil yang khusus digunakan untuk wisata di dalam Window On China.

Disinilah kita akan mencapai bagian miniatur Asia dan miniatur Eropa. Bagian miniatur Asia banyak didominasi oleh bangunan-bangunan di Asia Timur. Miniatur kastil Himeji, kastil Osaka, dan Seven Stories Pagoda dari Nara Jepang menghiasi tempat ini. Ada juga kuil Bulguksa dari Korea Selatan. Tetapi tidak hanya itu saja. Ada juga Taj Mahal yang terkenal dari India, bersama dengan stupa Sanchi. Ada juga Dome of the Rock yang terkenal di Jerussalem, serta miniatur minaret Samarra di Irak.

Taj Mahal di India, miniatur dan yang aslinya

Di seberang lainnya dari bagian miniatur Asia baru kita temui miniatur Eropa. Total ada miniatur yang berasal dari 9 negara disini, walaupun didominasi oleh salah satu negara favoritku dalam bidang budaya dan sepakbola, Italia (^_^). Menara miring Pisa, Pantheon Roma, Katedral Chartres dari Perancis, Acropolis Yunani, Stonehenge dari Inggris, kuil Rila di Bulgaria, gereja St. Basil yang terletak tepat di lapangan merah Moskow, serta kincir angin Belanda semua ada miniaturnya disini. Katedral Chartres dan menara miring Pisa adalah yang paling menarik bagi saya disini.
Menara miring di Pisa, Italia, miniatur dan yang aslinya


Katedral Chartres di Perancis, yang miniatur dan yang asli

Dan terakhir barulah kita berkunjung ke miniatur Amerika. Kebanyakan di bagian ini adalah miniatur-miniatur bangunan bersejarah di AS semisal gedung putih, Lincoln Memorial, Jefferson Memorial, patung liberty, dan mount Rushmore yang menampilkan pahatan wajah 4 mantan presiden AS (George Washington, Thomas Jefferson, Abraham Lincoln, dan Theodore Roosevelt). Hanya miniatur kuil Chichen Itza dari Meksiko saja, satu-satunya miniatur Amerika non Amerika Serikat disini.


Mount Rushmore di AS, miniatur dan yang asli


Window on China sebenarnya tidak hanya menampilkan miniatur saja. Ada juga taman hiburan dan wahana bermain. Misalnya wahana kereta luncur air, yang dibangun dengan tema sungai Nil dan Mesir. Cukup menarik dan menantang. Jujur saya juga sampai takut waktu menaiki kereta luncur ini yang kemudian akan meluncur dari ketinggian hampir 10 meter kebawah, wow menegangkan.


Naik kereta luncur air yang menegangkan

Ada juga panggung hiburan dan wahana bermain lain, yang kebanyakan khusus untuk anak-anak. Untuk miniatur sebenarnya cukup bagus dan menarik. Sayangnya miniatur bangunan terkenal dari Afrika dan Australia tidak ada disini. Padahal sangat menarik sekali jika ada miniatur Opra House yang terkenal di Sydney atau Piramid di Mesir. Walaupun untuk Afrika, Window on China membangun wahana permainan air dengan tema sungai Nil yang cukup menarik sebagai gantinya. Lumayanlah.........

Anda ingin memiliki pengalaman keliling dunia dalam sehari dengan menginjakkan kaki di berbagai tempat terkenal dunia ?? Layaknya novel laris Jules Verne "Around the World in 80 Days" (Keliling dunia selama 80 hari) ?? Well, datang saja ke Window on China, dan kembangkan imajinasimu. Jadikan mimpi berubah jadi kenyataan (^_^).

- Rizki -

1 comment:

Anonymous said...

simpel.
xiaoren guo: negeri liliput.
window on china yang di taoyuan itu tandingannya window on china yang di shenzhen.